Mengunjungi kantor WatchDoc

Jadi kamis lalu, aku berkesempatan untuk mengunjungi kantor WatchDoc bersama teman-teman Oasemedia. disana kita berkunjung, berbagi cerita. sesampai disana, aku berkenalan dengan beberapa kakak Watchdoc dan melihat kantornya, tempatnya keren dan nyaman. lalu kami mengobrol bersama kakak-kakak watchdoc. Watchdoc sudah berdiri selama 7 tahun. pastinya sudah banyak cerita dan mengalaman yang seru dan juga menegangkan, ada juga yang sudah benjelajahi indonesia dengan menggunakan sepeda motor, selama 1 tahun. pertama mereka memperlihatkan kami vidio-vidio mereka di Channel Youtube Watchdoc. sudah ada banyak vidio keren mulai dari vidio dokumenter, film, film pendek, berita-berita dan banyak lagi. 

cara membuat vidio dokumenter atau film, tidak segampang itu. Dimulai dari riset. kalau kita sering baca pasti risetnya akan gampang, Watchdoc punya banyak rak buku, dan buku itu dipakai buat riset, lalu saat dilapangan yaitu wawancara. dari awal kita harus bikin list pertanyaan, dan saat ketemu narasumber, bagusnya kita ngobrol santai dulu dan bikin narasumbernya akrab dan tidak tegang. jangan hanya menanyakan pertanyaan yang ada di list tapi tambahkan pertanyaan lagi. Setidaknya 10-15 pertanyaan. Kamera-men usahakan saat syuting pakai mode se-natural mungkin agar gambar saat di colour grading bagus. Jika narasumber hanya menjawab singkat mungkin bagusnya pakai voiceover/dubbing tapi kalau narasumber banyak ngomong dan bagus buat bercerita jadi biarkan narasumber saja yang bercerita. Simpan vidio mentah di 2 hardisk untuk menjaga-jaga jika yang pertama bermasalah. lalu saat ngedit, editor minimal mengerjakan 1 kerjaan dulu biar cepat selesai dan gak pusing. 

Kita diajak masuk ke ruang editor, aku terkesan karena adanya rak besar yang berisi ratusan hardisk dan ada label nya dengan tulisan "1" dan "2" mereka menyimpan di keduanya dan hardisk "2" untuk cadangan jika yang hardisk "1" bermasalah. ada sekitar 10 meja disana, ada yang buat editor, penulis naskah ada juga alat untuk mengisi voice over/dubbing. 

cukup lama kita di ruang editor lalu kita berfoto-foto dan pamit. MAKASIIII :/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Refleksi LDK

Namaku